Kamis, 13 Januari 2011

Kumpulan Untaian Mutiara hikmah

  • Perumpamaan ulama adalah bintang-bintang di langit yang dijadikan sebagai petunjuk oleh manusia. Jika bintang-bintangterbenam, mereka menjadi kebingungan. Begitu juga jika mereka mengabaikannya, mereka akan tersesat.
  • Perumpamaan pemimpin adalah mata air jernih yang menghasilkan sungai besar. Lalu orang-orang berenang di sungai tersebut sehingga airnya menjadi keruh tetapi setelah sungai itu ditimpa oleh air dari mata air itu maka ia akan menjadi jernih kembali. Tetapi jika kekeruhan itu datangnya dari mata air dan kekeruhannya menutupi sungai maka bagaimana mungkin sungai itu akan jernih? Jika demikian adanya maka tidak ada cara lain kecuali memblokir sungai.
  • Perumpamaan manusia dan umatnya adalah timbangan yang tidak dapat berdiri kecuali disangga dengan tiang. Tiang tidak akan berdiri jika tidak dipaku. Apabila paku dicopot maka tiang akan semakin lemah.
  • Teman yang baik ibarat orang yang memiliki minyak kesturi.Walaupun ia tidak tersentuh minyak itu, ia akan tetap merasakan aromanya. Sedangkan teman yang jahat ibarat orang yang mendekati dapur tukang besi. Walaupun tidak terkena kotoran hitamnya, ia tetap terkena asapnya.
  • Perumpamaan hati adalah bulatan hitam pada mata; jika ada benda yang mengganggunya, sekecil apapun benda itu, maka ia akan terganggu. Begitu juga dengan hati, jika ada masalah yang mengganggunya, sekecil apapun permasalahannya, ia akan terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar