Sabtu, 15 Januari 2011

Secantik Apakah Bidadari Itu?

Al_hamdulillah segala puji hanya milik Alloh, sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi junjungan, khootimul_anbiya', Nabi Muhammad SAW. Semoga kita kelak mendapat syafaat dari beliau...

Saudariku, sungguh Alloh ciptakan wanita dengan cantiknya dan Alloh ciptakan wanita dengan gantengnya. tapi sdriku, apakah engkau bangga akan kecantikan yang telah Alloh anugerahkan kepada engkau? engkau gunakan apa tuk apa kecantikan yang telah Alloh berikan, tampil dengan tanpa aurat tuk mengumbar nafsu, atau tuk memamerkan bahwa "aku" cantik. jangan engkau gunakan kecantikan yang telah Alloh beri dengan engkau menggunakannya di luar ketentuan syar'i.

saudariku, sungguh walaupun engkau cantik, toh nanti akhirnya kecantikan itu kan memudar. dan disaat itu pula engkau akan merasakan banyak sekali kekurangan...



Saudariku, irilah engkau dengan para bidadari2 yang tak kan memudar cantiknya. mereka hidup di syurga yg tak kan putus ni'mat didalamnya, dan mohonlah kpada Alloh supaya digolongkan sbgai penduduk jannah. ya ketikan ini sedikit akan sedikit mengulas tentang "Secantik Apakah Bidadari Itu?" semoga bisa menjadikan bahan renungan tuk para sdriku muslimah.



* Untuk mengukur kecantikan engkau wahai sdriku, bila nanti engkau mjdi penghuni jannah, cukup hadits Nabi Muhammad berikut dijadikan gambaran cantiknya bidadari, padahal nantinya engkau lebih cantik dari mereka.

Nabi Muhammad bersabda, "Seandainya wanita penduduk jannah menampakkan diri ke bumi, niscaya cahayanya memenuhi antara langit dan bumi, begitupun dengan bau wanginya, dan sungguh mahkota di kepalanya lebih baik dari dunia dan seisinya." (HR. Bukhory)



dalam ayat-ayat dalam al-qur'an, juga disebutkan perihal kecantikan bidadari, yang dalam bahasa qur'annya Huurun 'Iin. Alloh berfirman, "demikianlah. Dan Kami berikan kepada mereka bidadari." (QS. Ad_Dukhan: 54)



yuk kita bahas apa itu Al_Huur. Al_Huur bentuk jama'nya adalah "haauraa", yakni bidadari yg putih matanya seperti putih telur dan bulatan hitam matanya sangat hitam. Sedangkan 'Iin bentuk jama'nya adalah "ainaa' ", yakni yang lebar matanya.

Mereka layaknya gadis belia, masih perawan dan belum pernah disentuh jin dan manusia. Umurnya tidak menyusut, kulitnya tidak akan pernah keriput, kecantikannya tak akan pernah surut, dan tubuhnya tak pernah mengingsut.

sebagaimana firman Alloh, "Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung. dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan. penuh cinta lagi sebaya umurnya. (QS. Al_Waqi'ah: 35-37)



juga firmannya, "Di dalam syurga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni syurga yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin.

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan ?.

Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.(QS. Ar_Rahman: 56-58)



saudariku, mereka tidak buang kotoran atau kencing, tidak pula beringus, bejananya dari emas, sisirnya dari emas dan perak. Senandung yang nereka lantunkan, "Kami adalah kekal, tidak mati selamanya. Kami adalah lembut dan tidak kasar selamanya. Kami adalah bermukim dan tidak akan pergi selamanya. Beruntunglah orang yang memiliki kami dan beruntunglah kami yang menjadi miliknya."



wahai saudariku, siapakah yang tidak ingin memiliki kecantikan lahir dan batin seperti mereka? Bahkan engkau bisa melebihi kecantikan mereka, Asal engkau berani menempuh jalannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar